Langkah lanjutan setelah membuat blog di wordpress bagi seorang pemula.

Langkah lanjutan setelah membuat blog di wordpress bagi seorang pemula.

Apa yang harus kita lakukan setelah kita memiliki blog??????
Harus lonjat-loncak kegirangan kah?Harus tertawa kah?harus menangis kah?harus tertawa dan menagis kah???

Kagak usah lonjak’loncat kegirangan dengan tertawa disertai menangis, cukup dengan diam dan sedikit senyum langsung saja pelajari menu-menu yang ada, kalo anda kesulitan mempelajarinya segera cari bantuan sebelum semuanya darurat. Cari bantuan adalah solusi jitu saat aku kesulitan mempelajari menu-menu di wordpress, dan bantuan itu aku temukan di fatihsyuhud.com(untuk lebih jelas liat ndiri ajah deh, artikelnya ok punya dan terima kasih atas artikel di fatihsyuhud.com karena itu memang bantuan yang aku harapkan), bantuan yang aku dapat sebagai berikut (ini adalah hasil copypaste di fatihsyuhud.com, aku tak bermaksud apa-apa kecuali hanya sekedar berbagi info ajah):

[Update: Terhitung sejak 4 Desember 2008, tata letak menu-menu dasbor di wordpress.com berubah total mengikuti dasbor WordPress versi 2.7. Tutorial menu dasbor admin wordpress di bawah masih relevan untuk pengguna self-hosted wordpress versi 2.6 ke bawah atau blog wordpress gratis selain wordpress.com seperti blogdetik.com, dagdigdug.com, edublogs.org, dll. Tutorial untuk menu dasbor wordpress.com pasca 4 Desember 2008 atau self-hosted wordpress versi 2.7 silahkan klik di sini]
Setelah kita pelajari dan praktekkan cara buat blog di wordpress.com, maka berikut tutorial lengkap wordpress untuk memahami menu-menu yang ada di Dasbor atau Dashboar wordpress. Tutorial wordpress kali ini saya harap cukup mewakili setiap pertanyaan blogger pemula yang ngeblog di wordpress. Seri tutorial wordpress yang lain silahkan lihat di bagian bawah artikel ini.
Setelah login, kita akan langsung masuk ke Dashboard atau Dasbor. Di situ terdapat dua baris menu utama. Yang bagian atas atau sebut saja “menu atas” ada menu Dasbor (Dashboard), (a) Tulis (Write), (b) Kelola (Manage), (c) Desain (Design), (d)Upgrade.Di bawahnya (saya sebut “menu bawah”) ada menu (a) Statistik blog (Blog Statistic), (b) Peselancar Blog (Blog Surfer), (c) Komentar Saya (My Comment), (d) Penyelancar Tag (Tag Surfer).

1. Fungsi Menu-menu bagian Atas

A. Tulis (Write): untuk (i) menulis posting tulisan kita; (ii) membuat Page / halaman statis / menu.

B. Kelola (Manage), kalau diklik akan muncul 6 (enam) submenu lagi sbb:

b.1. Tulisan (posts) berfungsi menampilkan artikel-artikel yang sudah kita posting. Kita juga dapat mengedit (menyunting) tulisan-tulisan tersebut dengan mengklik “sunting” atau “edit” di artikel yang akan diedit.
b.2. Halaman (pages), berfungsi menampilkan halaman statis / Pages yang sudah kita buat. Di sini kita bisa mengedit halaman yang ada atau membuat halaman baru.
b.3. Taut (Link) untuk menambah atau mengedit link / blogroll
b.4. Kategori (Category), untuk mengedit, mendelete atau membuat kategori baru.
b.5. Tag, untuk menambah, mendelete atau mengedit tag
b.6. Kategori Taut (Kategori link).
b.7. Pustaka Media, tempat link file atau image yang sudah diupload
b.8. Impor, untuk mengimpor file content dari blog lain.
b.9. Ekspor, untuk mengekspor file di blog ke blog lain.

C. Komentar (Comment), kalau diklik akan muncul 3 (tiga) submenu lagi sbb:

c.1. Komentar, menampilkan seluruh komentar di blog Anda. Di sini kita bisa mengedit atau mendelete komentar yang ada.
c.2. Menunggu Moderasi (Waiting Moderation), kalau diklik akan menampilkan komentar yang masuk daftar moderasi yang bisa Anda edit dengan “setujui” (approve), hapus (delete), spam (dianggap spam).
c.3. Akismet Spam, kalau diklik akan menampilkan komentar yang masuk daftar spam (sampah).


D. Blogroll (tambah link)Kalau diklik akan muncul 4 (empat) submenu sbb:

d.1. Kelola (manage) blogroll, untuk mengedit, merubah atau menghapus taut (link) yang ada.
d.2. Tambahkan taut (Add link), untuk menambah link baru.
d.3. Impor taut (Import link), untuk mengimpor daftar link dg OPML atau file di komputer kita.
d.4. Kategori (category), kategorisasi link. Bedakan dengan kategori posting (lihat, b.4.)

E. Tampilan (Presentation), kalau diklik akan muncul 5 (lima) submenu sbb:
e.1. Tema (Theme), menampilkan daftar template yang bisa kita pilih untuk blog kita. Tinggal klik template yang kita suka.
e.2. Widgets, untuk mengaktifkan widget dan memilih widget yang ingin kita tampilkan di sidebar.
e.3. Extras, untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan pratilik Snap. By default (aslinya) sudah aktif, klik tanda tik (uncheck) supaya tidak aktif. Saya lebih menganjurkan fasilitas Snap ini dinonaktifkan saja karena cukup mengganggu.
e.4. Current Theme Options, berfungsi untuk (a) merubah header blog. Bisa diganti dengan header buatan sendiri; (b) Setting warna dan posisi sidebar blog; (c) Mengisi informasi personal untuk ditampilkan sebagai data waktu memberi komentar; dan (d) untuk reset (menghapus dan mengembalikan ke setting-an awal.
e.5. Edit CSS, untuk merubah CSS template blog. Ini bagi blogger lanjut, tak cocok bagi pemula
.
F. Pengguna (Users)
Untuk menambah user / pengguna yang memiliki akses ke blog Anda sebagai kontributor, co-author, atau subscriber. Anda bisa memiliki lebih dari satu user untuk akses ke blog Anda.

G. Opsi (Options). Kalau diklik akan muncul 8 (delapan) submenu sbb:
g.1. Opsi Umum, berfungsi untuk (a) Membuat atau mengedit judul blog, (b) Slogan (deskripsi) blog, (c) Memilih / mengedit bahasa yang digunakan di blog, (e) Dll.
g.2. Menulis atau Opsi Menulis, yang terpenting dalam submenu ini adalah menu “Kategori tulisan standar”. Pilih dari daftar kategori tentang kategori apa yang akan dipakai secara by-default di posting (saya piliha kategori fatih-syuhud). Ini artinya kalau saya lupa memakai kategori dalam sebuah posting, maka otomatis artikel tersebut akan masuk kategori fatih-syuhud.
g.3. Membaca atau Opsi Membaca. (a) Halaman Depan (Frontpage), pilih “Tulisan Terakhir” (sudah otomatis); (b) Halaman Blog (Blog post), pilih berapa artikel yang tampil di halaman utama; (c) Umpan Sindikasi (Syndicated Feed), “Tunjukkan yang terkini:” pilih 10; “Untuk tiap artikel, tunjukkan:”, pilih Teks Penuh; (d) Feeds yang diperkaya (Rich feeds), kasih tanda tik (check) di semua kotak. Jangan lupa klik “Perbarui Opsi” atau “Update Options”
g.4. Diskusi atau Opsi Diskusi
g.4.i. Di “Penataan biasa untuk sebuah artikel:” yang terpenting di sini adalah kotak ketiga. Kasih tanda tik di “Izinkan orang untuk mengirim komentar pada artikel” supaya kotak komentar terbuka di bawah setiap artikel Anda.
g.4.ii. Di “E-mail saya setiap kali:” (a) kasih tanda tik di kotak pertama bila Anda ingin dapat laporan ke email Anda setiap ada yang berkomentar di blog Anda; dan (b) kasih tanda tik di “Sebuah komentar ditahan untuk moderasi” apabila Anda ingin dapat email setiap ada komentar yang dimoderasi. Yang (b) ini khusus bagi blogger yang memoderasi kotak komentarnya.
g.4.iii. Di “Sebelum sebuah komentar muncul:” (a) Kasih tanda tik apabila ingin memoderasi setiap komentar (saran, sebaiknya tidak dimoderasi); (b) Kasih tanda tik di “Penulis komentar harus mengisi nama dan e-mail” apabila Anda ingin setiap komentator menulis alamat email dan situsnya; (c) Di “Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya” sebaiknya tidak dikasih tanda tik.
g.5. Privasi (Privacy). Opsi Privasi. Kasih tanda tik di “Saya ingin blog ini tampak di mesin pencari seperti Google dan Sphere, dan di senarai publik milik WordPress.com.” supaya masuk mesin pencari google, yahoo, msn, dll.
g.6. Hapus Blog atau Delete Blog.Awas! Menu ini jangan dibuka-buka, kecuali kalau memang Anda dan blog Anda sudah bosan hidup.
g.7 yaitu OpenID dan g.8 Domain-domain. Submenu ini tidak begitu penting, yang penasaran silakan lihat sendiri.
Salam ngeblog,
Tutorial WordPress.com

(langkah terbsebut tak selamanya update bisa berubah sesuai perkembangan jaman)Setelah aku temukan bantuan diatas aku langsung mempelajarinya, jujur saja aku begitu penuh perjuangan dalam menelaahnya, maklum otakku ini pentium ½ lagi pula aku ini masih pemula didunia blog, Jadi harus kutelan huruf perhuruf artikel di fatihsyuhud.com
Bagi para pemula yang lain tak ada salahnya jika anda cari bantuan tak lain dan tak bukan adalah dengan bertanya tetang hal yang anda belum paham kepada para master/mbakter, pepatah bilang “malu bertanya sesat dijalan”. Sering bertanya bukanlah hal yang memalukan, sering bertanya tapi tak kunjung jelas itu baru memalukan........
Selamat menyantap menu di wordpress, semoga cepat kenyang bahagia sampai tujuan...................

salam hormat dariku,
Adsense Indonesia

Wong_anTeng

Tutorial membuat blog di wordpress.com

Tutorial membuat blog di wordpress.com

Bagaimanakah cara untuk membuat blog di wordpress ?????? pertanyaan ini adalah momok bagi para pemula blog, kususnya yang ingin membuat blog di wordpress kalo di blogspot mah lain urusanya. Disini ku kan coba sedikit menggambarkan Kala pertama kali aku membuat blog di wordpress caranya seperti dibawah:


Untuk memperlancar jalannya pembuatan blog di wordpress tak ada salahnya jika diawalai dengan bacaan Basmalah terlebih dulu kemudian Buka www.wordpress.com dan jalankan misi selanjutnya yaitu:
1. Klik Sign Up2. Isi form
a.Username: isi nama blog sesuai dengan keinginan (paling sedikit empat huruf/angka)
b. Password: Isi password/kata sandi (sedikitnya enam huruf/angka)
c. Confirm: Ulangi password yang sama dengan di atas.
d. Email Address: Isi email Anda (apabila belum punya email, buat dulu di gmail.com atau yahoomail.com)
e. Legal flotsam: beri tanda tik di kotak yang tersedia sebagai tanda “setuju” dengan perjanjian.
f. Beri tanda tik pada menu “Gimme a blog” (biasanya sudah otomatis ada tanda tik di sini).
g. Klik “Next”
h. Blog Title :Isi judul yang sesuai.
i. Language :Pilih Bahasa Indonesia.
j. Privacy :Kasih tanda tik (biasanya sudah ada otomatis).

4. Klik Sign Up5. Akan muncul pesan sebagai berikut:
Your account is now active!You are now logged in as (username Anda).An email with your username, password, Akismet API key and important links has been sent to your email address.Write a post, change your template or visit the homepage.

5. Itu pettandan baik bahwa Anda sudah berhasil membuat blog. Silahkan login ke blog Anda. Berikut alamat penting untuk Anda:
b. Isi username (nama blog) dan password.
c. Klik “Write” atau “Tulis” untuk mulai membuat posting.
d. Klik “Publish” atau “Tampilkan”
e. urusan berikutnya terserah anda mau diapakan teman barumu(bolgmu), saranku untuk lebih lehai lagi dalam nge’Blog tak ada salahnya jika anda memperbanyak belajar, cari info sebanyak-banyaknya yang terkait dengan Blog.

6. Selesai (kalau mau udahan, jangan lupa klik “Log Out”).

Cara diatas adalah cara yang dapat aku utarakan kali pertama aku bikin blog di wordpress yang mungkin cara ini tidak selamanya update loh, coz because bisa saja terjadi perubahan, maklumlah segalanya akan semakin berubah diwaktu yang akan datang kususnya IPTEK, so sudah berubah kah anda??????????? BERUBAHLAH UNTUK MAJU..........meskipun tanpa minum susu yang itu....tu.....(korban iklan)

Selamat Nge’Blog ria.........

Salam hormatku,
Adsense Indonesia

Wong_anTeng

PILIH YANG INGIN ANDA BACA:

Postingan Terpopuler: